Bulu Tangkis

Kualifikasi Olimpiade Mulai 2021, Richard Mainaky: Tahun Ini Pemanasan

single-image

Pelatih bulutangkis ganda campuran Richard Mainaky tak mempermasalahkan keputusan BWF mengaktifkan kembali perhitungan poin Olimpiade mulai tahun depan. Ia menyebut turnamen di tahun ini bisa buat pemanasan.

Praveen Jordan Cs tercatat sudah lebih dari dua bulan tanpa turnamen. Kosongnya agenda pertandingan adalah imbas dari virus Corona yang terjadi secara global. Mereka pun hanya menjalani latihan tertutup dengan intensitas setengah porsi.

Belakangan, BWF mengumumkan akan menggulirkan kompetisi mulai pertengahan Agustus. Hyderabad Open 2020 di India menjadi turnamen pembuka. Tapi turnamen-turnamen yang digelar tahun ini poinnya tidak masuk dalam kualifikasi Olimpiade Tokyo tahun depan.

Richard tidak masalah dengan keputusan BWF itu. Kakak kandung Rexy mainaky itu tetap melakukan persiapan untuk atletnya, sebagai pemanasan sebelum tancap gas menuju pertandingan yang lebih besar.

“Tahun ini sebenarnya masih belum jelas. Ada kemungkinan batal juga karena wabah ini kita tidak tahu sampai kapan (berakhirnya). Tapi kami tetap persiapkan. Jadi dari awal Juni itu saya bilang ke asisten pelatih, Nova (Widianto), ada program dan harus jalan,” kata Richard kepada detikSport, Kamis (4/6/2020).

“Akan tetapi latihan di masa pandemi ini latihan fisiknya tak bisa lama-lama karena terkait dengan kondisi imunitas atlet. Jadi saya bilang ke Nova untuk fokus ke individu saja. Seperti Melati (Daeva Oktavianti) perkuat defense-nya. Lalu Praveen fokus kebugaran fisik dan jaga berat badan, begitupun dengan Gloria defense-nya masih perlu diperkuat.”

“Kita memang tidak tahu seperti apa (kebijakan yang harus dilakukan) karena ada wabah ini, akan ada new normal segala. Tapi saya yakin step by step kami bisa atasi dan adaptasi. Jadi turnamen level 300 itu sebagai pemanasan menuju level 500 sampai 1000. Karena anak-anak butuh pertandingan setelah sekian lama vakum. Ya mudah-mudahan tidak ada pembatalan lagi. Supaya 2021 langsung tancap gas karena pas perhitungan kualifikasi Olimpiadenya,” harap Richard.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like